Inovasi

Daftar Inovasi-inovasi Pemerintah
Kota Yogyakarta
TAHUN 2019
Misi ZIMBRA (Migrasi Mail Server dari Qmail menjadi Zimbra di Pemerintah Kota Yogyakarta)
tersedianya layanan email@jogjakota.go.id dengan mail server yang stabil dan terpercaya sebagai infrastruktur penunjang yang memadai guna meningkatkan kualitas e-Government dalam mendukung pelayanan prima kepada masyarakat sehingga kesiapan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam implementasi smart city menjadi lebih baik.
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian
TAHUN 2018
MANJAR KABEL SEGOROAMARTO UNTUK KEAMANAN DAN KEMUDAHA AKSES WIFI (Manajemen Jaringan Nirkabel di Kota Yogyakarta)
Manjar Kabel Segoroamarto adalah aplikasi pengelolaan jaringan nirkabel untuk memudahkan pengguna dan pengelola serta meningkatkan keamanan infrastruktur jaringan di Pemerintah Kota Yogyakarta. Aplikasi ini mempermudah pengguna untuk terhubung ke jaringan intranet Pemerintah Kota Yogyakarta.Penggunaan berbagai macam sistem informasi yang semakin meningkat di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta membutuhkan dukungan infrastruktur jaringan yang handal. Hal ini merupakan suatu keniscayaan di era mobile internet saat ini yang menuntut tersedianya informasi yang dapat diakses setiap saat dan dari mana saja. Kondisi yang memungkinkan untuk mengakses informasi dan data penting melalui jaringan nirkabel akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja karyawan. Untuk mendukung hal tersebut dibutuhkan sistem pengelolaan jaringan nirkabel yang dapat menjamin ketersediaan akses secara terus menerus.
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian
TAHUN 2018
Aplikasi UPIK Android (Aplikasi Unit Pelayanan Informasi dan Keluhan berbasis Android)
aplikasi pengaduan yang dapat digunakan oleh masyarakat kepada Pemerintah Kota Yogyakarta
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian
TAHUN 2021
Pelatihan keterampilan dan kesenian untuk anak Asuh
Pelatihan bagi anak-anak Rumah Pengasuhan Anak Wilosoprojo dengan mengundang instruktur dr luar Pemkot Yk
Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi
TAHUN 2021
Pelayanan Konsultasi Kesejahteraan Keluarga dengan Mobil Keliling
Pendampingan dan pelayanan konsultasi kesejahteraan keluarga dengan mobil keliling di Kelurahan Purbayan, Rejowinangun, Prenggan, Warungboto, Pandeyan, Tahuna, Sorosutan, Giwangan
Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi
TAHUN 2021
Layanan Konsultasi Ketenagakerjaan Online
Layanan konsultansi terkait ketenagakerjaan, pelatihan dan pendaftaran pelatihan yang dilakukan secara online dan dapat diakses melalui JSS
Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi
TAHUN 2019
AH4SIAAP (Akselerasi Hasil Melalui 4 siap aksi sistem penyelenggaraan pelatihan keterampilan untuk meningkatkan kompetensi pencari kerja di Kota Yogyakarta
AH4SIAAP (Akselerasi Hasil Melalui 4 Siap Aksi Sistem Penyelenggaraan Pelatihan Keterampilan untuk Meningkatkan Kompetensi Pencari Kerja di Kota Yogyakarta) merupakan pelatihan keterampilan untuk meningkatkan kompetensi pencari kerja di Kota Yogyakarta. Latar belakang terbentuknya inovasi AH4SIAAP yaitu belum semua pencari kerja memiliki pemahaman tentang pentingnya kompetensi teknis,hubungan para pemangku kepentingan yang kurang terjalin baik dalam penyelenggaraan layanan peningkatan kemampuan pencari kerja,belum terpenuhinya pelayanan pelatihan sesuai standar kinerja pelayanan. Ketidaknyamanan layanan karena belum terbangunnya sistem penyelenggaraan layanan pelatihan menyesuaikan kondisi aktual. Adapun tahapan untuk mengikuti program inovasi AH4SIAAP yaitu,Pendaftaran,Seleksi, Pelatihan dan Magang
Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi
TAHUN 2019
Inovasi SiDol (Sistem Informasi Aduan Sosial Online)
Inovasi SiDol adalah layanan pengaduan permasalahan sosial secara online. Warga yang mengadu datang ke Dinas Sosial bertemu dengan petugas. Aduan dari warga akan diinputkan ke dalam JSS. Layanan ini untuk memfasilitasi warga yang datang mengadu ke Dinas Sosial tetapi tidak memiliki JSS. Masalah sosial yang diadukan seperti Bantuan pangan non tunai dan Program Keluarga Harapan (PKH), Disabilitas,Gangguan Kejiwaan,Gelandangan, Pengemis, dan Anak Jalanan,Lansia Miskin,Orang Terlantar,Pengaduan KIS (Kartu Indonesia Sehat)Pengaduan KMS (Kartu Menuju Sejahtera)Petugas akan membantu permasalahan yang diadukan warga pada hari yang sama disertai verifikasi lapangan bila diperlukan. Pengaduan ini bebas biaya.
Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi
TAHUN 2019
Inovasi Mobjen (pelayanan mobil jenazah melalui aplikasi JSS)
Dinas Sosial Kota Yogyakarta sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Pemerintah Kota Yogyakarta mempunyai inisiatif untuk menciptakan suatu jenis layanan guna meringankan beban warga Kota Yogyakarta yang mengalami musibah karena meninggalnya anggota keluarga. Jenis layanan ini adalah berupa Mobil Jenazah Gratis yang diperuntukkan khusus bagi masyarakat dan Pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta. Sejak tahun 2019, pelayanan tersebut dapat diakses melalui aplikasi yang terintegrasi melalui aplikasi JSS. Harapannya dengan akses yang semakin mudah dan cepat, dapat memudahkan masyarakat dapat mengakses mobil jenazah secara gratis.
Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi
TAHUN 2021
Actif Case Finding (ACF)
merupakan strategi pengendalian penyakit TBC (tuberkosis) yg bersifat aktif, yaitu aktif mencari penderita TBC di masyarakat, karena dengan mencari secara aktif diharapkan penanganan penyakit lebih dini sehingga dapat memutus rantai penularan penyakit, secepat mungkin diobati dan dihentikan penularannya. ACF di kota Yogyakarta dilakukan dengan menggunakan mobile rontgen, bekerja sama dengan Pusat kedokteran Tropis FKKMK UGM
Dinas Kesehatan

BAGIAN UMUM DAN PROTOKOL
SEKRETARIAT DAERAH KOTA YOGYAKARTA

Kompleks Balaikota Yogyakarta Jalan Kenari No. 56 Yogyakarta 55165

KONTAK

Telepon
: (0274) 515865 ext. 173, 581 Fax.(0274) 520332
Email
: umumprotokol@jogjakota.go.id, tamupemkotjogja@gmail.com
Handphone
: +62822 4277 3344
Logo © 2022 Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian