Inovasi
Daftar Inovasi-inovasi Pemerintah
Kota Yogyakarta
Kota Yogyakarta
TAHUN 2021
SP2D online
Untuk meminimalisir kesalahan dan mempercepat proses pencairan dana ke OPD/pihak terkait
Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah
TAHUN 2017
e-SPTPD (Surat Pemberitahuan Terutang Pajak Daerah secara Elektronik); Lapor Pajak Daerah Lebih Mudah, Cepat dan Aman
Pelasanaan e-SPTPD diatur dalam Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 84 Tahun 2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah Pasal 10 Ayat 1 yang menyebutkan Wajib Pajak Hotel, Wajib Pajak Restoran, Wajib Pajak Hiburan dan Wajib Pajak Parkir wajib mengisi aplikasi e-SPTPD.
Dengan melaporkan Pajak Daerah setiap bulan melalui e-SPTPD, Wajib Pajak semakin dimudahkan karena tidak perlu datang ke Loket Pelayanan Pajak Daerah. Untuk dapat mengakses e-SPTPD dapat mengunjungi alamat situs https://sptpd.jogjakota.go.id.
Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah
TAHUN 2021
Pendaftaran dan pendataan Ormas
Upaya tertib administrasi dan hukum bagi organisasi kemasyarakatan dalam negeri maupun organisasi asing
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
TAHUN 2021
Aplikasi pendataan kejadian
salah satu aplikasi melalu website dan aplikasi handphone, yang digunakan seluruh PH FKDM muali dari kelurahan hingga tingkat Kota. Manfaat aplikasi untuk melaporkan kejadian secara realtime maupun masalah yang sudah terjadi dan diberikan kepada Tim Deteksi Dini di Wilayah masing masing sebagai bahan pengambilan keputusan dan cegah tangkal konflik sosial
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
TAHUN 2021
Aplikasi Deteksi Dini LAPAK DENI
utk mengirimkan potensi dan kejadian utk mengantisipasi dan deteksi dini serta cegah dini terhadap masalah² yang akan menimbulkan potensi konflik di masyarakat. LAPAK DENI memiliki 2 target, yaitu:
1. Laporan deteksi dini/potensi konflik
2. Laporan kejadian sebagai bahan tindak lanjut
Aplikasi ini digunakan untuk melaporkan kejadian secara realtime maupun masalah yang sudah terjadi dan selanjutnya akan dilaporkan kepada Tim Deteksi Dini di wilayah masing-masing.
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
TAHUN 2021
Parenting Kebangsaan Bersama si Kumbang (kartu Tumbuh Kebangsaan)
Parenting Kebangsaan adalah metode penanaman nilai-nilai pancasila dan wawasan kebangsaan kepada anak usia dini di lingkup keluarga. Pada prosesnya, Parenting Kebangsaan dibantu sebuah tools yang bernama siKumbang (Kartu Tumbuh Kebangsaan) untuk mengukur dan menjaga nasionalisme pada anak usia dini. Kartu ini berisi indikator nasionalisme sesuai tahap perkembangan umur anak dan rekomendasi aktifitas bagi orang tua/ keluarga dalam upaya penanaman nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan bagi anak usia dini
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
TAHUN 2020
QR Code Kunjungan
Aplikasi untuk mendata kunjungan orang per orang di lokasi tertentu
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian
TAHUN 2020
Penyediaan wifi publik
pemasangan titik hotspot (wifi) di wilayah yang dapat digunakan masyarakat antara lain untuk mengakses informasi, fasilitasi sekolah daring, fasilitasi bekerja dari rumah, dan berjualan/berbelanja online. Penyediaan wifi publik dilakukan dengan memasang minimal satu titik hotspot (wifi) di setiap RW se Kota Yogyakarta. Setelah terpasang dan dapat beroperasi, kemudian akan diintegrasikan dengan Jogja Smart service (JSS). Dengan adanya wifi publik ini diharapkan dapat menggerakkan ekonomi kewilayahan dan mampu meningkatkan keberdayaan masyarakat.
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian
TAHUN 2021
Jessica JSS Chat Asisten
Menghadirkan aplikasi Chat Asisten yang dapat membantu memberikan pendampingan terhadap masyarakat yang membutuhkan informasi terkait pelayanan online di Jogja Smart Service melalui Whatsapp, dan membangun dashboard untuk operator helpdesk agar dapat menggunakan Whatsapp secara bersama secara simultan
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian
TAHUN 2018
Jogja Smart Service (JSS)
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian menggagas layanan Jogja Smart Service. Dengan basis Single ID, Single Window, Single Sign On. Prinsip dari aplikasi Jogja Smart Service adalah mengumpulkan semua aplikasi ke dalam satu wadah, dengan menggunakan satu credential, dan hanya memerlukan satu kali log ini untuk dapat masuk ke semua aplikasi sesuai kewenangan masing-masing pengguna. Sehingga memudahkan pengguna untuk mendapatkan layanan digitalnya. Aplikasi Jogja Smart Service dikembangkan dalam 2 (dua) platform yaitu berbasis web dan berbasis aplikasi mobile. Hal ini dimaksudkan untuk kemudahan operasional dan reliabilitas layanan.Berbasis web, bertujuan bila pengguna mengakses aplikasi yang melibatkan transaksi data yang rumit, tampilan web yang dibuka melalui komputer memudahkan pengguna dalam pencermatan data.Berbasis aplikasi mobile, bertujuan agar pengguna maupun petugas penyelenggara layanan mendapatkan akses aplikasi yang praktis dan mendukung mobilitas petugas. Sehingga pelayanan yang membutuhkan; tingkat reliabilitas tinggi seperti Layanan Kedaruratan Medis, Layanan Kedaruratan Kebakaran, Layanan Kedaruratan Penyelamatan Jiwa, Layanan Kedaruratan; KDRT serta Layanan Pengaduan, bisa segera ternotifikasi ke petugas pelaksana dan dapat tertangani dengan segera.
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian