Inovasi
Daftar Inovasi-inovasi Pemerintah
Kota Yogyakarta
Kota Yogyakarta
TAHUN 2019
PUDASERA (Pusat Data Serapan Anggaran)
Memberikan informasi terkait data serapan anggaran bulanan di bidang Pemerintahan dan Aparatur Inspektorat Kota Yogyakarta. Infografis serta analisis singkat mengenai update serapan anggaran bulanan di bidang
Pemerintahan dan Aparatur Inspektorat Kota Yogyakarta.
Inspektorat
TAHUN 2019
Form Daftar Kebutuhan dan Permohonan Data Audit Pendahuluan untuk Audit Operasional
Form ini berisi daftar data yang dibutuhkan dalam pelaksanaan audit operasional dan surat permohonan permintaan data yang telah dilengkapi dengan tanggal dimana data harus sudah siap (saat pembukaan audit). Form ini dikirim kepada auditi 4-7 hari sebelum pembukaan audit dilaksanakan sehingga saat pembuatan audit dilaksanakan semua data yang diperlukan sudah siap.
Inspektorat
TAHUN 2019
Pembuatan Panduan Pembinaan dan Konsultasi Pengelolaan Keuangan Daerah
Bahan tayang untuk melaksanakan fungsi pembinaan dan konsultasi Inspektorat Kota Yogyakarta.
Tujuan:
1. Menyatukan persepsi masing-masing auditor atas regulasi terkait temuan, perihal dan masalah yang dikonsultasikan,
2. Digunakan sebagai sumber materi yang digunakan seluruh auditor Inspektorat Kota Yogyakarta dalam pemaparan saat menjadi pembicara/narasumber terkait fungsi
pembinaan.
Inspektorat
TAHUN 2019
KUKUS (Buku Saku SPIP)
pengumpulan materi yang terkait dengan SPIP yang tertuang dalam PP Nomor 68 Tahun 2008 tentang SPIP secara singkat, mudah dipahami dan di buat menjadi buku saku. Tujuan pembuatan Buku Saku SPIP ini adalah untuk meningkatkan pemahaman ASN terhadap Sistem Pegendalian Intern Pemerintah (SPIP) agar terciptanya pengendalian yang baik dan mewujudkan sumber daya manusia yang baik pula, sehingga perbaikan-perbaikan yang dilakukan dalam pemerintahan dapat tepat sasaran dan termonitor dengan baik progresnya
Inspektorat
TAHUN 2019
Dahan Apakin (Daftar Bahan Audit Pendahuluan untuk Audit Kinerja)
Daftar Bahan Audit Pendahuluan untuk Audit Kinerja untuk OPD
Inspektorat
TAHUN 2019
Rekapitulasi Terpadu Hasil Pengawasan Internal Berbasis Network Sharing dalam Rangka Pemantauan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan
Membuat rekapan terkait hasil pengawasan yang telah dilakukan, untuk kemudian dikirimkan ke OPD terkait untuk ditindaklanjuti. Dokumen hasil tindak lanjut kemudian didigitalisasikan dan di buat link untuk meminimalisir hilangnya dokumen. Media penyimpanan yang digunakan adalah Network Sharing.
Inspektorat
TAHUN 2019
PAK GOES PIT (Penggunaan Aplikasi Google Spread Pada Kegiatan Audit)
Pengisian terkait kendali mutu audit hasil pemeriksaan menjadi lebih mudah dilakukan dan hemat waktu dengan menggunakan google spreadsheet.
Inspektorat
TAHUN 2019
Optimalisasi Penilaian Risiko melalui e-book bagan alur
pembuatan e-book bagan alur sebagai sarana penyampaian materi sistematika Penilaian Risiko guna meningkatkan optimalisasi penerapan Penilaian Risiko, khususnya bagi Inspektorat Kota Yogyakarta. Penyampaian informasi dalam wujud bagan alur menjadi salah satu cara kreatif untuk menuangkan informasi secara ringkas, jelas, dan mudah dipahami. Pemilihan media berupa e-book digital bertujuan agar lebih mudah diakses oleh setiap orang dan dapat disebarluaskan melalui jaringan internet.
Inspektorat
TAHUN 2019
Arisan Pak Gelis (Pengarsipan dan Inventarisasi Dokumen Pendukung DUPAK dengan Google Aplikasi)
Mempermudah dan mempercepat pencarian dokumen sehingga para Auditor bisa mengajukan DUPAK tepat waktu beserta dokumen pendukung yang lengkap serta tidak ada kegiatan-kegiatan yang terlewatkan
Inspektorat
TAHUN 2019
Pengolahan data pada SIM dan Pengintegrasian KKA untuk desk audit
Pelaksanaan audit di Inspektorat Daerah masih menggunakan prosedur manual dengan meminta laporan terkait belanja dan pendapatan pada masing-masing satuan kerja pengampu program dan kegiatan lalu menuangkan program kerja audit pada kertas kerja yang dibagikan pada masing-masing anggota tim secara manual tanpa adanya kolaborasi langsung dengan ketua pengampu program kerja audit. Mayoritas auditor melakukan audit tanpa mengetahui gambaran umum core business yang dijalankan oleh auditan. Dengan adanya gagasan ini diharapkan auditor dapat melakukan desk audit terlebih dahulu sebelum melakukan audit rinci dengan melakukan pengolahan data dan informasi yang tertuang dalam Sistem Informasi Manejemen (SIM) yang dapat digunakan untuk mengetahui dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban satuan kerja perangkat daerah dalam menjalankan program/kegiatan yang diampu sehingga auditor dapat mengetahui gambaran umum dan pelaksanaan kegiatan pada satuan kerja auditan. Data-data yang diperoleh tersebut dituangkan kedalam kertas kerja audit (KKA) yang terhubung langsung kepada tim audit sehingga memudahkan ketua tim audit untuk monitoring kertas kerja audit
Inspektorat