Inovasi

Daftar Inovasi-inovasi Pemerintah
Kota Yogyakarta
TAHUN 2019
Panduan Pengawasan dan Konsultasi Pengelolaan Barang Milik Daerah
Membuat daftar regulasi yang terkait pengelolaan BMD dan saran serta rekomendasi untuk temuan/hal yang sering ditemukan.
Inspektorat
TAHUN 2020
Kampung Tangguh Tertib
perpaduan inovasi antara kampung panca tertib dan kampung tangguh bencana untuk mewujudkan kampung tertib yang tangguh dalam tanggap darurat dalam kebencanaan sehingga meminimalkan kurban bencana. Kampung tangguh Tertib (tantrib) inovasi yang memadukan sinergi hampir seluruh potensi yang ada di kampung
Satuan Polisi Pamong Praja
TAHUN 2021
Pantib for school
inovasi cipta kondisi ketenteraman dan ketertiban umum berbasis sekolah. Sasarn Pantib for school dari TK sampai dengan SLTA. Implementasi Pantib for school di sekolah menyelaraskan program tertib di sekolah dengan pendekatan 5 tertib (damija, bangunan, usaha, lingkungan, sosial)
Satuan Polisi Pamong Praja
TAHUN 2019
Rampung Panertib ( Gerakan Kampung Panca Tertib )
Inovasi ini merupakan gerakan pemberdayaan warga berbasis kampung yang menekankan pada inisiatif dan partisipasi warga sadar hukum. Penerimaan masyarakat terhadap inovasi Rampung Panertib sangat bagus, karena mayoritas warga kampung menerima untuk diterapkan dikampungnya. Kampung yang telah melakukan deklarasi memiliki Komitmen Panca Tertib. Komitmen Panca Tertib adalah janji bersama warga kampung untuk mewujudkan 5 tertib di kampungnya, yaitu tertib daerah milik jalan, bangunan, usaha, lingkungan dan sosial. Sebagai upaya mewujudkan cita-cita bersama menghadirkan ketertiban dan keteraturan yang dilaksanakan oleh segenap warga masyarakat kampung dan digerakkan oleh koordinator FKPT, Pelopor Ketertiban, Fasilitator, dan Duta Ketertiban.
Satuan Polisi Pamong Praja
TAHUN 2021
Dewan Menyapa, dan Publikasi DPRD di Media Sosial melalui Youtube, Instagram, Facebook
Dewan menyapa merupakan inovasi sekretariat DPRD untuk mendekatkan program kegiatan dewan kepada masyarakat di satu titik wilayah kota yk dimana terjadi interaksi langsung dewan dengan masyarakat kota yk dgn di saksikan langsung secara streaming melalui jaringan tribun jogja ke masyarakat luas dan dikoneksikan juga ke media sosial baik Facebook, instagram maupun youtube DPRD kota yk
Sekretariat Dewan
TAHUN 2021
SMARTA (Sistem Informasi Manajemen RSUD Kota Yogyakarta)
Suatu sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan Rumah Sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat, dan merupakan bagian dari Sistem Informasi Kesehatan. SIMRS adalah solusi bagi rumah sakit untuk melakukan transformasi digital. Salah satu bagian penting dari SMARTA adalah EMR (Elektronic Medical Record) yaitu representasi dari smart system dalam pengelolaan sistem informasi rumah sakit (SIMRS), yang bertujuan untuk mengembangkan system rekam medis secara elektronik. Sistem Rekam Medis Elektronik dirancang untuk menyediakan data riwayat kesehatan pasien secara komprehensif dan terpadu sehingga memudahkan dan mempercepat proses pelayanan kepada pasien
Rumah Sakit Jogja
TAHUN 2018
Darling MaSJo (Pendaftaran Online dan Booking Rumah Sakit Jogja)
Pendaftaran dan booking RS Jogja dapat dilakukan secara online sehingga waktu tunggu pendaftaran lebih singkat.
Rumah Sakit Jogja
TAHUN 2017
Integrasi Pengelolaan Data Linen Sentral Melalui Sistem Informasi Manajemen Sirkulasi Linen (SIMKUNEN) di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Yogyakarta
Inovasi berupa integrasi data melalui sistem informasi manajemenn sirkulasi linen sentral. Data yang terintegrasi tersebut akan menyimpan data lebih banyak dan lebih terbarukan sehingga mempermudah dalam mengetahui data linen real time, Data ini mengetahui ketersediaan linen dan ke depan dapat digunakan untuk melacak jumlah kehilangan linen serta memudahkan perencanaan pengadaan linen.
Rumah Sakit Jogja
TAHUN 2019
E-MUP
RSUD Kota Yogyakarta menyediakan fasilitas teknologi/ sistem informasi terintegrasi untuk mendukung program peningkatan mutu keselamatan pasien, terutama dalam pengumpulan dan analisis data mutu, keselamatan pasien, dan data surveilance infeksi. Salah satu komponen sistem manajemen data di RSUD Kota Yogyakarta adalah pengumpulan data indikator mutu. Pengumpulan data indikator mutu dilaksanakan oleh penanggung jawab data di masing-masing area klinis atau manajemen. Data yang dikumpulkan harus mengacu pada profil indikator yang tercantum dalam Kamus/ Profil Indikator. Frekuensi pengambilan data dan waktu pengumpulan data dari sumber data untuk tiap indikator disesuaikan dengan indikator yang akan dimonitoring. Beberapa data dikumpulkan dalam sensus harian/ worksheet indikator mutu melalui aplikasi internal rumah sakit, dan beberapa masih secara manual (perubahan bertahap).
Rumah Sakit Jogja
TAHUN 2019
HORE MAS JO (Home Care Rumah Sakit Jogja)
Pelayanan home care secara khusus diperuntukkan guna melayani kebutuhan masyarakat yang menderita penyakit kronis dan membutuhkan perawatan jangka panjang, pasien pasca rawat inap dan atau kasus lain sesuai kebutuhan. Tujuan : 1) Memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan pasien dengan melibatkan keluarga dalam perencanaan dan pengelolaan kesehatan pasien. 2) Meningkatkan kualitas pelayanan rawat rumah dalam hal pelayanan medis, keperawatan maupun pelayanan yang lain. 3) Meminimalkan potensial konfik antara pasien, petugas dan pihak pengelola pelayanan. 4) Mencapai tujuan individu pasien yaitu meningkatkan, mempertahankan, memulihkan kesehatan dan meminimalkan akibat dari penyakit serta mengoptimalkan tingkat kemandiriannya
Rumah Sakit Jogja

BAGIAN UMUM DAN PROTOKOL
SEKRETARIAT DAERAH KOTA YOGYAKARTA

Kompleks Balaikota Yogyakarta Jalan Kenari No. 56 Yogyakarta 55165

KONTAK

Telepon
: (0274) 515865 ext. 173, 581 Fax.(0274) 520332
Email
: umumprotokol@jogjakota.go.id, tamupemkotjogja@gmail.com
Handphone
: +62822 4277 3344
Logo © 2022 Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian